Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Keuntungan Double Degree Dalam Dunia Kerja

15 Agustus 2022 16:08 857 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat kamu memiliki latar belakang pendidikan tertentu kamu bisa membuka peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian dan mulai membangun karir untuk masa depan, bagi kamu yang lulus pada program double degree menjadi salah satu orang yang beruntung.

 

Ada beberapa keuntungan saat kamu menjadi lulusan Double degree ini salah satunya adalah kamu bisa berkarir secara profesional dalam dunia kerja, namun sebelum itu bagi kamu yang belum mengetahui  apa itu double degree kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

Apa itu Double Degree?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai keuntungan double degree dalam dunia kerja ada baiknya kamu harus mengetahui apa itu double degree, double degree adalah sebuah program perkuliahan yang memungkinkan para mahasiswanya untuk bisa mendapatkan dua gelar akademik secara sekaligus dalam satu periode studi.

 

Untuk gelar yang didapat jika kamu mengikuti program double degree ini yaitu antara lain :

 

  • Dua gelar sarjana S1 (bachelor degree)
  • Gelar S1 (bachelor degree) dan S2 (master degree)
  • Dua gelar S2 (master degree)

Saat kamu mengikuti program double degree ini kamu bisa memilih fokus studi dan juga gelar yang beragam selama fokus studi program double degree yang kamu pilih masih beririsan antara satu sama lain, misalnya kamu memilih fokus studi ilmu komunikasi dan fokus studi marketing, contoh lain kamu bisa mengambil fokus studi di bidang IT dan juga fokus studi bisnis.

 

Untuk jenis gelar sarjana yang akan didapatkan dan juga fokus studi yang dipilih tergantung dengan kebijakan dari Universitas penyelenggara program double degree. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan program studi melalui program double degree pastikan universitas yang kamu pilih bisa mengakomodasi minat dan juga tujuan yang ingin kamu capai.

 

Ada beberapa keuntungan bila kamu mengikuti program double degree ini terutama dalam dunia kerja. Untuk beberapa keuntungannya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya dibawah.

 

5 Keuntungan Double Degree Dalam Dunia Kerja

Memiliki Pengetahuan Yang Luas

Keuntungan Double Degree yang pertama adalah memiliki pengetahuan yang luas, biasanya para kandidat yang merupakan lulusan dari double degree akan dinilai oleh perusahaan memiliki skill dan juga keilmuan yang luas serta juga mendalam ketimbang mereka yang hanya memegang gelar sarjana tunggal, jadi tentu saja potensi untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan sangatlah besar.

 

Dua Gelar Menjadi Tanda Produktivitas

Dalam melakukan rekrutmen kandidat para HRD memiliki waktu yang cukup terbatas untuk bisa mengakses seluruh kapabilitas yang ada pada kandidat, maka dari itu para rekruter biasanya melihat CV ataupun resume dari kandidat yang melamar. 

 

Perusahaan yang melakukan perekrutan tentu saja akan menilai orang yang memiliki dua gelar ataupun lulusan dari double degree menjadi salah satu orang yang patut diperhitungkan untuk direktur karena dengan memiliki dua gelar tersebut mereka dianggap memiliki produktivitas yang baik di mata HRD. Meskipun begitu untuk membuktikan produktivitas mereka tentunya akan ada tes tambahan mulai dari tes psikotes dan juga tes technical untuk mengukur penilaian kandidat.

 

Menguasai Bahasa Asing

Dalam pelaksanaan jual beli tidak sedikit universitas yang menjalin kemitraan dengan universitas yang ada di luar negeri maupun di negara lain, tentunya dengan demikian para peserta yang mengikuti program double degree akan bisa mempelajari bahasa asing.

 

Oleh karena itu tidak mengherankan jika ada banyak sekali lulusan dari program double degree yang sudah menguasai berbagai bahasa asing, dengan memiliki kemampuan bahasa asing ini tentunya akan menguntungkan bagi kamu dalam melamar kerja terlebih jika kamu sudah menguasai dalam menulis dan berbicara tentunya hal ini, akan menjadi suatu nilai tambah yang cukup dimata employer.

 

Peluang Berkarir di Perusahaan Multinasional

Keuntungan lain Jika kamu lulusan double degree adalah kamu berpeluang untuk bisa berkarir pada perusahaan multinasional, terlebih lagi jika kamu dulunya pernah mengambil fokus studi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, dengan kepastian bahasa asing kamu tentunya akan memudahkan kamu dalam melamar di berbagai perusahaan multinasional.

 

Berpeluang Bekerja di Luar Negeri

Dalam program double degree ini ada yang menganjurkan mahasiswanya untuk bisa menetap sementara di negara lain sesuai dengan mitra Universitas dalam program double degree, Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang bisa kamu manfaatkan dan juga menjadi salah satu kebijakan awal bagi para mahasiswa untuk bisa membangun koneksi di negeri orang.

 

Dari sini juga kamu bisa mengumpulkan banyak informasi mengenai persyaratan apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa melamar dan bekerja di tempat kamu melakukan studi dengan program double degree, tidak hanya itu ada juga sejumlah program double degree yang menganjurkan mahasiswanya untuk magang ketika menjalankan studi di luar negeri agar nantinya ketika mereka akan bekerja langsung mereka mudah, karena sudah memiliki pengalaman di bidang yang serupa.

 

Itu tadi beberapa keuntungan double degree ketika berada di dunia kerja, bagi kamu yang ingin mendapatkan dua gelar sekaligus dan juga kemudahan dalam melamar pekerjaan tentunya kamu bisa mencoba untuk mengikuti program dapat dikelilingi di beberapa universitas yang ada di Indonesia.

 

Selain informasi di atas, kamu juga bisa membaca berbagai artikel menarik mengenai tips karir dengan mengunjungi TipsKarir. Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja kamu bisa mengunjungi TopKarir.

Komentar